Review Film "Focus"


Poster film yang kutonton tadi siang

Directors : Glenn Ficarra, John Requa
Writers : Glenn Ficarra, John Requa
Stars : Will Smith, Margot Robbie, Rodrigo Santoro
Runtime : 104 min
Date : 27 February 2015 (USA)

A. Curhat (bisa di-skip)
     Minggu ini sekolahku (lebih tepatnya kelas 10 dan kelas 11) libur karena kakak-kakak kelas 12 lagi ujian (UAS). Sebenernya sih lagi sibuk ngurusin berkas-berkas (berkas apaan hayoloh) dan besok mau refreshing ke Yogya (kalau jadi), tapi niat untuk refreshing itu minta diiputer di bioskop minggu ini... dan ketemulah Focus

   Kenapa aku mau nonton film ini? Oke, pertama, waktu aku nyari resensinya di google, genre film ini adalah komedi romantis (which is my favorite genre). Kedua, waktu baca sinopsisnya, ceritanya (sepertinya) menarik. Ketiga, salah satu tokoh di film ini diperanin oleh Will Smith. Hehehe...
   Emang sinopsisnya gimana, sih? Oke, check this out...

B. Sinopsis (atau Blurb?)

"Film terbaru Smith kali ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Jess (Margot Robbie) yang belajar trik penipuan dari Nicky (Will Smith). Nicky adalah penipu ulung yang tampaknya jatuh cinta kepada Jess. Nicky tampak senang mengajari Jess, tapi karena ia tak waspada sehingga dirinya dibuat bangkrut.


Tiga tahun setelah itu, Nicky kembali mucul dengan membawa sebuah skema penipuan fantastis yang dia rancang sendiri. Meski mengira rancangannya telah sempurna, dia justru salah perhitungan sehingga ia harus dikejar teror yang siap mengancam hidupnya."

C. Resensi (secara umum dulu ya)
    Di adegan pertama, aku sempat bingung karena... well, apa yang dimaksud oleh adegan itu kurang jelas (menurutku). Mungkin karena dialognya yang belibet, ya? Untungnya, karena udah baca sinopsisnya, aku dikit-dikit ngerti.

    Dan kebingungan-kebingungan kayak gitu sempat beberapa kali muncul lagi di adegan-adegan selanjutnya, tapi gak ganggu-ganggu banget karena jalan ceritanya seru, mengecoh, dan gak ketebak banget. Bener deh. Aku sampai shock (lebay). 

    Film ini, seperti yang udah ku-mention tadi, adalah film komedi romantis. Tapi kayaknya genre yang lebih cocok itu genre action yang implisit, deh (walaupun komedi dan romantisnya tetap ada) soalnya aku nonton film ini sampai deg-deg-an (by the way, nyambung gak sih?).

   Komedinya dapet (tapi menurutku agak 'berat') dan romantisnya juga lumayan dapat, tapi di ending film ini (yang notabene menyedihkan), aku gak dapet feel terharu dan feel sedihnya. Mungkin karena aku udah shock duluan akibat adegan-adegan sebelumnya yang 'berat', nge-twist banget (ini maksudnya apa hayoloh), dan butuh pemahaman (eh). Tapi penonton-penonton di sebelahku ada yang nangis, sih. 

   Film ini bercerita tentang dunia 'pencopet' which is biasa aja. Tapi taktik-taktik 'pencopet' yang ditampilin di film ini itu keren banget, gak murahan (seperti yang biasa kita tonton, mungkin). Kayak sulap! Magic! Kami (penonton) sampai melongo-melongo gak jelas gitu. Hehe....

Jadi? Kesimpulannya? 

Kelebihan: 
( + ) Jalan cerita yang seru, mengecoh, dan gak ketebak banget.
( + ) Akting Will Smith dan Margot Robbie keren, jadi bener-bener kebawa suasana. 
( + ) Keren. Isi film ini sepertinya bener-bener diriset.

Kekurangan: 
( - ) Dialog kadang belibet, jadi (aku) kurang ngerti dan agak ganggu. 
( - ) Banyak adegan dewasa (iyalah, ratingnya D). Hehe, buat yang masih di bawah umur, jangan ditonton dulu ya. Sebenernya boleh aja sih, tapi pas adegan dewasanya muncul, kalian tutup mata (SESAT).

D. Nilai
Aku pribadi ngasih 4 dari 5 bintang untuk film ini :)

Comments

Popular posts from this blog

Contact Me

About Me: The New Version

#1 Proses Novel "Inikah Rasanya Cinta"