Pengalamanku dengan Fanfiction

Fanfiction... hmm....

Oke. Bagi yang belum tahu, fanfiction (atau fanfiksi) itu... semacam cerita yang dibikin oleh fans terhadap satu hal yang dia kagumi. Contohnya, kita kagum sama Harry Potter, dan kita nulis cerita yang menceritakan tentang tokoh-tokoh di Harry Potter itu. Gitu.

Aku... udah dekat banget dengan dunia fanfiction ini. Terutama lewat situs www.fanfiction.net (sayangnya sekarang udah susah dibuka).

Fanfic pertama yang kubaca itu... apa ya? Udah lupa. Pokoknya di Harry Potter Indo. Fanfic itu (menurutku) bagus banget! Oh iya, aku masih SD waktu itu. Dan karena fanfic itu, aku jadi ketagihan baca fanfic-fanfic lain. Karena fanfic di HPI udah kubaca semua, akhirnya aku nyari yang lain deh di Google.

Dan akhirnya aku nyasar ke... situs ffnet yang kubilang tadi.

Dan di sana... YA AMPUN FANFICNYA GAK KALAH KEREN! Akhirnya, aku baca fanfic-fanfic itu. Dari awal sampai akhir. Tapi cuma fanfic Harry Potter, sih. Karena cuma itu yang aku ngerti :p hehe....

Lanjut. Akhirnya semua fanfic itu habis kubaca selama beberapa bulan. Dan tiba-tiba muncul satu keinginan: aku juga mau nulis fanfic! Yang gak kalah keren sama fanficcers-fanficcers lain!

Akhirnya... aku bikin akun(?). Tapi cuma bikin doang :( soalnya aku gak tahu cara publish story :( akun itu pun lama dianggurin dan aku sibuk sama sekolah (sok). Beberapa bulan kemudian, baru aku niat nyari cara publish story.

Setelah tiga hari ngutak-ngatik ffnet, finally AKU TAHU! HAHAHAHA! Usaha yang benar-benar usaha memang pasti membuahkan hasil :p

Terus... ya aku mulai nulis cerita. Waktu itu, aku mau bikin cerita romance cinta segitiga antara Bellatrix Black, Rodolphus Lestrange, dan Rabastan Lestrange. Idenya mantap banget. Aku pun nulis dengan semangat dan publish itu.

Tapi ternyata... review yang kudapat itu gak memuaskan banget. Semuanya bilang jelek (btw waktu aku baca ulang sekarang, emang jelek BANGET sih). Haha. Tapi aku gak mau nyerah gitu aja. Aku masih mau jadi golongan(?) fanfficers keren yang diidolain sama readersnya *aduh mimpi*

Aku nulis lagi. Sehari, aku bisa nulis dua chapter ff multi-chapters (lebih dari satu bab) dan satu one-shot (fanfic yang cuma ngabisin satu bab). Aku terus nulis... dan lama-lama, readersku jadi banyak dan aku dapat banyak review bagus :')

Lewat review itu-lah aku belajar. Beberapa reviewer-ku mau review panjang-panjang, mengkritik dan ngasih saran gimana supaya skill nulisku semakin bagus. Mereka baik banget mau bantuin akuuu :')

Sampai akhirnya... fanfic-fanficku (menurutku ya) udah lumayan bagus. Fanfic-fanfic itu lumayan banyak yang di-fav dan di-follow. Ya ampun itu kuhargain banget :') setiap ada email yang masuk dan ngasih tahu kalau salah satu fic-ku di-fav/di-follow, aku masukin email itu di folder tersendiri :') ya mungkin sederhana banget sih, tapi menurutku itu berarti banget :''')

Lewat ffnet, aku dibantu dan aku juga membantu. Intinya, kita saling  membantu(?). Kita saling ngasih saran, kritik, dan dukungan (antara reader-author atau author-author). Emang sih ada yang nge-flame (ngekritik fic, tapi kritik yang tidak membangun dan malah ngejelek-jelekin) dan bahkan plagiat! Tapi itu juga jadi ajang ningkatin mental(?) sebagai penulis *untung aku belum ngalamin sih, cuma pernah dituduh aja -_-*

Fanficku sekarang udah nyampe 50-an, tapi banyak yang kuhapus jadi 47 (kalau gak salah cek). Aku nulis fanfic lagi sih, tapi sayangnya ffnet susah banget dibuka, jadi aku belum bisa publish.

Sekarang, aku lagi sibuk (mau pindahan nih :') amin semoga jadi dan semoga lancar). Dan kegiatan nulis fanfic semakin lama semakin berat buat aku :( kegiatan nulis fanfic udah diganti sama... nulis novel. Tapi bukan berarti aku lupa sama fanfic :') aku mau dan masih akan terus nulis + publish... tapi mungkin bukan sekarang waktunya.

Ini akun ffnetku: www.fanfiction.net/u/2904269 (aniranzracz)

Comments

Popular posts from this blog

Contact Me

About Me: The New Version

#1 Proses Novel "Inikah Rasanya Cinta"