Minggu Ketujuh di Jerman (AFS Indonesia - Jerman 2016/2017)




Udah minggu ketujuh (satu bulan setengah) aja, ya. Perasaan baru kemarin aku celingak-celinguk di bandara Frankfurt Am Main, eh, tahu-tahu sekarang udah nyaman banget sama Jerman. Ah, time really flies!

Di satu bulan setengah ini, aku ngerasa ada banyak perubahan. Aku udah mulai bisa bahasa Jerman (dikit) dan ngurangin penggunaan bahasa Indonesia. Sekarang, kalau lagi ngebatin (ngomong sama diri sendiri dalam hati), secara nggak sadar aku pakai bahasa Inggris nyampur Jerman. Acak-acakan, sih, tapi baelah.

Kalau dulu ngomongnya terbata-bata, sekarang udah lumayan lancar (percakapan sehari-hari). Kalau masalah bahasa Jerman dalam pelajaran sekolah, sih, belum. Apalagi Erdkunde (Geografi), Politik und Wirtschaft (Politik dan Ekonomi), dan Deutsch. 

Oh iya. Kemarin malam, for the first time, I had a dream with Deutsch (bahasa Jerman)! Nggak full bahasa Jerman, sih, nyampur juga sama Inggris. Tapi, menurutku, itu kemajuan yang besar banget (mimpinya tentang apa? Absurd. Nggak mau cerita).

Aku baru sebulan setengah tinggal di rumah host family, tapi rasanya kayak udah rumah sendiri. Pengin makan, langsung ambil aja di dapur. Pengin tidur di sofa ruang tamu, sok weh. Pengin kentut juga ya udah bae (kagak, kagak, bercanda).

Banyak yang nanya aku homesick atau nggak, jawabannya: BIG NO. Nggak tahu karena emang udah lama tinggal sendirian, atau karena Jerman emang bener-bener keren (atau malah dua-duanya).

1

Beda sama minggu lalu yang chaos dan hectic, minggu ini flat banget. Saking flat-nya, aku sampai bingung mau nyeritain apa. 

Tapi ya udah, lah, ceritain aja yang ada.

.

Aku udah pernah cerita belum, sih, kalau bis di sini itu brutal banget kecepatannya? Udah, ya?

Awal-awal naik bis, aku selalu deg-degan karena aku nggak pernah dapat tempat duduk (pas berangkat sekolah, bisnya penuh mulu). DAN, meleng dikit aja bisa jatuh. Udah banyak, dah, anak-anak kecil yang lagi asyik ngobrol sambil berdiri, eh beberapa detik kemudian ngesot bareng-bareng di lantai.

Aku belum pernah sampai jatuh, sih. 

TAPI...

Tadi pagi, di perjalanan ke sekolah, sopir bis-nya ngerem mendadak. Nggak terlalu dahsyat sampai seisi bis jadi anai-anai, sih, tapi cukup parah, lah, SAMPAI ADA DUA ORANG (COWOK-CEWEK, REMAJA TANGGUNG) SALING NABRAK. 

SINETRON BANGET, ASLI.

OOO UTTARAAAAAAN.

Kagak.

Tabrakannya nggak dahsyat banget sampai buku-buku pada jatuh atau saling ngehimpit, sih. Tapi tangan mereka sentuhan gitu. Lucu, deh.

Adegan selanjutnya bukan saling tatap-tatapan, tapi mereka langsung narik tangan masing-masing. Yang cewek ngebuang pandangan ke jendela, yang cowok langsung jalan ke bagian belakang bis. 

Sikap mereka biasa aja, sih. JUSTRU AKU yang heboh nyanyi dalam hati: 

Ada apa dengan cintaaaaaa
Perbedaan aku dan engkauuu
Biar menjadi baiiiiit
Dalam puisi cinta terindaaaaah

.

Ngomong-ngomong, kenapa, ya, akhir-akhir ini aku sering ketemu hal-hal so sweet? 

Pas aku nulis blog ini, aku lagi sendirian di rumah host family. Host dad-ku lagi latihan musik, host mom-ku lagi jalan-jalan bareng temen lamanya, dan host sis-ku lagi dateng ke pesta ulang tahun sahabat-sekaligus-mantannya.

*insert ketawa nggak ikhlas*

Aku inget banget. Dari minggu lalu, host sis-ku pusing mau ngasih hadiah apa untuk sahabat-sekaligus-mantannya itu. Dia pengin ngasih sesuatu yang nggak bisa dibeli di pasar, anti-mainstream, bermakna, dan dibuat pakai hati. 

Kurang so sweet apa lagi, coba?

Aku agak nggak peduli, sih. Bukan karena nggak mau bantuin mikir hadiah, tapi karena aku udah pusing duluan ngelihat host sis-ku pusing. 

Eh, tahu-tahu, tadi sore, aku ngelihat kadonya (yang belum dibungkus) di atas meja makan: patung kertas handmade! Bentuknya batu hitam besar untuk panjat tebing, terus ada dua orang (host sis-ku dan sahabat-sekaligus-mantannya) lagi berusaha manjat ke atas.

Aku nanya, "Ini kadonya?" 

"Iya. Aku juga pengin ngajak dia manjat tebing sama-sama, sih, beberapa minggu lagi."

DUH, MBAK.

SO SWEET BANGET, NGGAK KUAT AKU! *insert emot terbaper*

(padahal nggak diajak).

2

Minggu lalu, pas nemenin host mother belanja di Salzhausen, kami nemu stand makanan Asia, dan--for God's sake--ada bakmi! 

Bakmi ini didedikasikan untuk orang-orang yang selama ini suka ngirim foto makanan Indonesia ke aku

3

Sebenernya aku pengin nyeritain ini minggu lalu, tapi lupa. Aku ceritain sekarang, nggak apa-apa, ya?

Jadi, tanggal 14 November 2016, Opa-ku ulang tahun. Nggak dirayain pakai pesta besar-besaran, sih, tapi dirayain secara sederhana di rumah host family-ku.

Opa-ku orangnya baiiiiik banget. Meskipun sistem pendengarannya udah nggak bagus dan nggak bisa bahasa Inggris (sementara bahasa Jerman-ku belepotan), Opa tetep suka ngajak aku ngobrol. Nanyain sekolah, nanyain Indonesia, dan nyeritain pengalamannya traveling ke Indonesia pas masih muda (gaul, kan).

Sebagai cucu yang baik (apa, sih), aku pengin ngasih kado, dong. Tapi apa, ya? Kado apa yang cocok untuk kakek yang umurnya udah di atas 80 tahun?

Aku mikirin hal ini lamaaaaa banget. Berhari-hari. Bahkan pas kalender udah nunjukin tanggal 14 November 2016, aku masih belum tahu pengin ngasih apa.

Panik, kan.

Akhirnya, dua jam sebelum pesta dimulai, aku mampir ke sebuah toko di Lueneburg untuk beli satu-satunya barang yang aku pikirin: teddy bear.



Mungkin kalian nanya, kok teddy bear, sih? Masa ngasih boneka ke kakek-kakek?

Biarin, dong. Kalau Opa nggak suka, kan bisa buat aku.


KAGAK.

Nggak apa-apa, sih. Aku cuma mikir kalau teddy bear itu lucu. Kalau aku yang ulang tahun, aku bakal seneng banget kalau dapat teddy bear. Mungkin Opa juga bakal seneng.


DAN UNTUNGNYA, OPA SUKA BENERAN!

4

Hari Sabtu minggu lalu, aku nggak banyak ngomong atau pun gerak karena lagi puasa nyaur (ganti puasa Ramadhan) (mumpung winter) (puasa cuma sepuluh jam kurang) (astaghfirullah).

Ngelihat aku cuma duduk-duduk diem, host sister-ku nanya, "Alles gut?" (Kamu baik-baik aja?)

"Ja, genau." (Iya, lah)

"Jangan kelihatan sedih, dong. Nanti malam, kan, kita mau ke diskotik! Kamu harus ikut!"

BUJUBUNENG.

MANTEP BANGET, DAH.

SIANG PUASA, MALEM DISKOTIKAN.

"What?!" kataku kaget.

"Ja, du musst es probieren!" (ya, kamu harus nyoba!)

Aku kira bercanda doang, kan, ya. Host sister-ku kan suka bercanda.

E BENERAN, DONG.

Malamnya, kami sekeluarga (host parents-ku juga) pergi ke sebuah klub di Hamburg. 

Sebenernya, aku agak males, sih. Ngantuk. Kami baru berangkat dari rumah jam setengah sepuluh malam, padahal biasanya aku udah tidur jam sembilan malam. Tapi ya udah, lah. Aku nggak tega ngehancurin semangatnya host sister-ku.

Kukira, pas udah sampai di diskotik, aku bakal seger.

Tapi malah tambah males. 

Sebenernya nggak parah-parah amat, sih. Alkohol emang ada, tapi Coca Cola juga, kok (cupu banget, dah, di diskotik minumnya soda). Nggak ada cewek yang berpakaian minim (winter). Ada banyak orang tua juga. TAPI TETEP AJA: DISKOTIK. KLUB.

Tadinya aku pengin duduk aja di pojokan. Istighfar, shalawatan (halah). Eh tapi host sister-ku tiba-tiba narik tanganku ke lantai dansa.

Aku nanya, "Eh? Was machen wir?" (kita ngapain?)

"Tanzen." (joget).

E BUJUBUNENG (2)

Nggak punya pilihan lain, akhirnya aku ngikut aja. Tapi asli, deh, sebenernya aku pusing. Ada lampu disko muter-muter, bau keringet, dan lagu-lagu dugem yang diputer sekeras mungkin. Belum joget aja, aku udah nabrak tiga orang. 

Tapi pas ngelihat host sister-ku enjoy, aku nyobain enjoy juga.





Akhirnya, jam dua pagi pas aku dan keluarga pengin pulang, host father-ku nanya, "Did you enjoy it?"

"Yes." Tapi kalau boleh milih, aku lebih milih tidur di rumah.

"Gut! Dann können wir irgendwann hier wieder kommen!" (bagus! Berarti, kapan-kapan, kita bisa ke sini lagi!)

E BUJUBUNENG (3)

5

Hari Minggu, aku datang ke AFS Weihnachtsparty (Pesta Natal AFS) di Lüneburg. 
Sebelum pergi, aku mikir, pasti nggak ada yang aku kenal, deh.

Pas sampai sana... beneran nggak kenal siapa-siapa. Wkwk.

Ya iyalah.

Eh ada, deng. Aku kenal Natalie (AFS Jerman - Peru 2015-2016) dan Daniel (AFS Costa Rica - Jerman 2016-2017). Udah, itu doang. Aku nggak kenal anak-anak exchange lainnya yang dari Taiwan, Chile, dan Costa Rica.

Setelah basa-basi di awal pesta, akhirnya sampai juga di acara favorit: MAKAN.

Selama makan, aku duduk satu meja sama anak-anak exchange yang kusebutin tadi. Awalnya kami diem-dieman aja dan saling nggak peduli, tapi karena gabut, akhirnya aku ajak ngobrol, "Hallo."

EH, BUKANNYA NGEJAWAB HALO, TIBA-TIBA ANAK DARI TAIWAN NGOMONG, "Wir haben getroffen, oder?" (kita udah pernah ketemu, kan?)

AKU KAGET, DONG. Lha emangnya aku seterkenal ini, ya? "Wirklich? Wo?" (aslian? Di mana?)

"In der Volkshochschule, wann wir Deutschkurs zusammen gemacht haben. Aber du bist da nur ein mal gegangen." (di tempat les, waktu kita sama-sama les bahasa Jerman. Tapi kamu les-nya cuma sekali, terus nggak pernah datang lagi).

Aku masih lupa, tapi kemudian aku inget kalau aku pernah ikut les bahasa Jerman di kelas A1, sebelum akhirnya pindah ke A2. "Ach so, ja!" (oalah, iya!)

"Ich erinnere dich!" (aku inget kamu!)

"Ja, ja... ich auch." (ya, aku inget kamu juga)

PADAHAL MAH KAGA.

Sorry, but I have such a big problem remembering names, faces, and places (yes, something is totally wrong with me). 

Anyway, funny, huh, how we somehow find 'a person'?

.

Di akhir pesta, ada semacam door prize gitu. Aku ngambil tiga undian. Undian pertama dapat selai, undian kedua dapat kain pembersih kacamata, undian ketiga nggak dapat apa-apa (leider verloren). HORE!



6

Hari Selasa, sepulang sekolah, aku ngerjain tugas di kamar. Lumayan susah (harus bikin presentasi dalam bahasa Jerman), jadi aku ngerjainnya lama dan penuh konsentrasi banget. Setelah sekitar satu setengah jam mendekam di kamar, akhirnya aku turun ke ruang keluarga untuk minum.

Nah. Di sana, aku ketemu sama host mother-ku yang lagi nonton sebuah video Youtube.

Sebagai basa-basi, aku nanya, "Was machst du?" (ngapain?)

"Ich sehe einen Video über Indonesien." (lagi nonton video tentang Indonesia)

Aku kaget. "Wirklich?" (Asli?)

Setelah itu, aku langsung duduk di samping host mother-ku dan ikut nonton. Bukan karena tertarik, tapi karena aku deg-degan. Siapa tahu host mother-ku nonton video tentang kejelekan Indonesia, atau salah ngeinterpretasiin video itu.

EH TERNYATA BENER.

Host mother-ku ngomentarin, "Stau." (macet)

WADUH KUDU NGOMONG APA INI.

"Ya, populasi manusia di Indonesia banyak banget," kataku ngeles, sambil buru-buru ngalihin topik. "TAPI, I think you should focus on sightseeing places in Indonesia. Look, here is Tangkuban Perahu! It is in Bandung! Beautiful, isn't it? And there is also Borobudur Temple, blablablabla..."

Syukurnya, strategi ngeles itu berhasil! Host mother-ku jadi nggak fokus ke kemacetan lagi, tapi ke keindahan alam Indonesia yang beragam (asik). Host mother-ku suka banget sama Pantai Pandawa, anyway. 

"Wie schön!" (cantik banget!)

Aku senyum. Ternyata gini, ya, rasanya ngenalin Indonesia di depan orang luar negeri. Seneeeeeng banget, apalagi kalau mereka nganggap Indonesia itu indah. Indonesia emang nggak sempurna, tapi apa, sih, yang sempurna di dunia ini? Doi aja punya kekurangan walaupun di mata kita dia kelihatan semp--EH SORI, KOK MALAH BAHAS DOI?

....lanjut.

Aku balas, "Ja, natürlich!" (Iyalah cantik! Indonesia gitu, lho!)

Setelah itu, kami lanjut nonton video lain tentang peta Indonesia. 

Eh terus... pas lagi nampilin peta Pulau Jawa, host mom-ku tiba-tiba ngomong, "Surabaya?"

Aku nunjuk sebuah titik di bagian Jawa Timur. "Ya, this is Surabaya, the capital city of--"

"Paijo wohnt dort, oder?" (Paijo tinggal di sana, kan?)

"........." *krik krik*

.
.
.
.
.

WADUH.

(Buat yang nggak tahu Paijo itu siapa, coba baca postingan-ku sebelumnya).

Comments

  1. Your story is too good, until suddenly I unconciously came to the end of it. Too good yet too short.But, it's OK. Keep it up!

    ReplyDelete
  2. Aaah Rani, ich lese immer deinen Post und ich finde dass deine Deutsch schon gut ist! Nikmatin yaaa di Jermannyaa <3

    ReplyDelete
  3. Tanpa sadar nama Paijo sudah melekat di benak yah Kak😂

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contact Me

About Me: The New Version

#1 Proses Novel "Inikah Rasanya Cinta"