Pengalaman Seleksi Tahap Pertama AFS 2016 - 2017 (1)

Guten Abend!

Sejak jam tujuh malam tadi, aku sibuk ngatur blog. Mulai dari ngubah lay-out, ganti title, nambahin laman, sampai ngebuat blog ini nggak bisa di-copy paste (plagiarisme masih sering kejadian, nih). 

Anyway, mengingat sekarang udah jam sebelas malam padahal aku mau cerita sedetail-detailnya, mungkin cerita seleksi AFS ini bakal aku bagi jadi banyak post terpisah. Silakan di-scroll atau dicari lewat label AFS, ya! 

.

AFS adalah program pertukaran pelajar ke seluruh dunia yang udah berdiri sejak lama banget. Di Indonesia, AFS dikelola oleh Bina Antarbudaya. 

Alumninya banyak. Ada Kak Mario Teguh, Kak Najwa Shihab, dan lain-lain. Aku gak bakal cerita lengkap, soalnya banyak di internet. Nih, buka aja Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Bina_Antarbudaya

Gimana aku bisa tahu AFS? 

Well, waktu SMP dulu, aku sempat dengar AFS sekilas. Bener-bener sekilas. Temenku lagi cerita sama temannya yang lain tentang dia pengin ikut program pertukaran pelajar AFS, terus aku (yang lagi ngerjain tugas) kebetulan nguping. 

Tapi aku bener-bener tahu AFS waktu AFS chapter Semarang (lewat sub-chapter Solo) ngadain school visit di sekolah. Aku datang ke school visit itu berempat bareng temen-temen seperjuangan.

Awalnya cuma berempat, tapi lama-lama, setelah menghasut temen sekelas, akhirnya temen-temen seperjuangan jadi nambah. 

Setelah ikutan school visit, kami rame-rame beli PIN pendaftaran seharga IDR 50.000 di tempat pendaftaran sub-chapter Solo (maaf, lupa nama daerahnya). Setelah ngisi formulir yang lumayan ribet selama seminggu, akhirnya kami ikutin deh seleksi tahap pertama. 

Seleksi tahap pertama diadain di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Buat aku (yang baru tinggal di Solo selama beberapa bulan) perjuangan ke sini lumayan berat soalnya gak tahu jalan (halah). Yang paling parah sih temenku, Aliya. Dia udah tiga-perempat jalan ke UNS, eh kartu pesertanya ketinggalan di rumah. 

Lanjut.

Pada seleksi tahap pertama, kita bakal ngehadapin tiga tes:
1) Essai
2) Bahasa Inggris
3) Pengetahuan Umum

1) Essai

Teknisnya sih para peserta disuruh memilih satu dari tiga topik essai, terus nulis essai itu di kertas folio. Harus selembar penuh, ya (diusahakan gak kurang atau pun lebih). Para peserta juga dikasih kertas buram untuk coret-coretan (nulis plot, dll). 

Aku lupa topiknya apa aja, tapi topik essai yang aku pilih... cukup emosional. Waktu nulis ini, aku jadi inget pernah ngelakuin kesalahan fatal, pernah ngecewain orang lain, dan pernah gagal total. Tapi aku gak sempat nangis sih, soalnya deg-degan juga. 

Tips? (1) Bawa penggaris, soalnya sempat disuruh nge-lay out. (2) Usahakan tulis plot di kertas buram dengan rapi (kertas buram bakal dikumpulin juga, anyway). (3) Tulis essai dengan tulisan rapi (usahakan jangan ada coretan atau bekas tipe-ex). Dari tulisan kamu, orang-orang bakal tahu kamu itu orangnya gimana. 

Dan yang paling penting: be yourself. 

.

2) Bahasa Inggris

Kalau basic kamu kuat dan kamu rajin belajar, pasti gampang (ya iyalah, you don't say). Apalagi soalnya pilihan ganda (bisa nebak-nebak. Siapa tahu beruntung). Tapi ada beberapa soal yang mengecoh, sih. 

Tips? (1) Menurut aku, bagian yang susah itu vocabulary-nya. Jadi coba deh belajar kata-kata sulit yang baru. (2) Rajin-rajin baca teks bahasa Inggris. (3) Berdoa. 

.

3) Pengetahuan Umum

Tes pilihan ganda yang lumayan bikin stres, menurut aku. Soalnya, walaupun nama tesnya 'pengetahuan umum', soal-soal yang keluar itu kebanyakan 'pengetahuan umum yang nggak umum'. Tapi tenang, soal-soalnya berkaitan dengan negara-negara tujuan DAN peristiwa yang terjadi setahun ke belakang, kok. 

.

Udah ya, segitu aja pengalaman seleksi tahap pertama. Di post selanjutnya, aku mau nulis tentang pengalaman seleksi tahap kedua, ketiga, seleksi nasional - internasional, sampai akhirnya dapat placement (yang semakin lama semakin mengerikan).

Comments

  1. boleh minta alamat email kak ?

    ReplyDelete
  2. Kak,, menurut kakak milih AFS atau YFU?

    ReplyDelete
  3. Kak, AFS ada seleknas juga? Trus itu seleknas nya kayak gimana? Sama seleksi internasional itu dimana?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contact Me

About Me: The New Version

#1 Proses Novel "Inikah Rasanya Cinta"