Semester 1 di Matic Smara

Akhirnya. Semester. 1. Lewat.

Hahahaha.... terlalu banyak yang dilewatin di semester 1 yang berkesan (mungkin banget) ini. Kuceritain per-poin ya, kalo masih inget.

1. Ulangan Biologi Pertama
Hmm... no comment. Pokoknya bejo-bejoan banget.

Suatu hari, kayaknya tanggal 12 bulan Agustus, guru Biologi (red, Bu Eni) gak masuk selama nyaris dua jam. Temen-temen Matic (X MIA 3 SMARA) pun seneng banget. Kita bahagia karena akhirnya dapat jam kosong pertama.
Tapi, sepuluh (atau malah lima) menit sebelum bel istirahat bunyi, tiba-tiba Bu Eni masuk dan ngomong dengan santai, "Ulangan."

Astaghfirullah.

Sekelas pun panik. Udah ulangan mendadak (gak sempat belajar), materinya belum paham, waktunya cuma sepuluh (atau lima) menit lagi! Mana soalnya 10 pilgan dan 3 isian singkat (tapi tetap susah ya!).

Karena baru kenal, teman-teman X MIA 3 belum terlalu deket. Kita masih malu ngomong, minta bantuan, saling ngasih tahu jawaban, nyontek, dll. Tapi, kali ini, semuanya heboh liat kanan-kiri. Bener deh.

Akhirnya aku kerjasama dengan Hestu, temen sebangku. Hestu juga ngelirik-lirik pekerjaannya Dewi, Wiwin, dll (intinya kami saling lirik-lirikan jawaban).

Tapi, walaupun Hestu bilang A, entah kenapa aku pilih C/B/jawaban lain. Aku gak tahu jawabannya (sumpah) tapi feelingku bilang kalau A bukan jawabannya. Pas aku lihat jawaban B, D, dan E, kok gak ada yang pas? Ya udah aku pilih C.

Eh ternyata bener wkwk =)) nilaiku jadinya tinggi hahaha.

.
.
.

2. Ulangan Bahasa Jawa Pertama

Sekedar cerita, ya. Aku tuh mau pindah untuk ngelanjutin SMA di Jawa (Solo), karena aku gak tahu kalau Bahasa Jawa masih dipelajarin di SMA. Hmm... kalau emang dipelajarin sih gak apa-apa, tapi aku sama-sekali gak nyangka kalau aksara jawa juga dipelajarin. Kukira, aksara jawa itu udah mulai punah dan hanya orang-orang tua yang bisa nulis/baca aksara jawa -_-

Nah. Ini. Masalah. Yang. Sesungguhnya.

Sebelum ulangan Bahasa Jawa, aku minta hand-out ke Pak Deki (guru Bahasa Jawa). Tapi, walaupun aku adalah siswi yang pertama dikasih, aku tetap gak ngerti hand-out itu tentang apa karena isinya adalah aksara jawa. Ada penjelasannya sih, tapi pakai bahasa jawa juga -______- yaelah sama aja gak belajar! Beneran deh, aku gak tahu apa-apa.

Terus ulangan dimulai.
Kukirain sisa nyalin hand-out ke LJK aja, tapi...

hmm...

terus...

...aku bingung. Sumpah.

Karena...

...

....INI AKU DISURUH NGAPAIN? PERTANYAANNYA KENAPA PAKE BAHASA JAWA JUGA? LAH KALO SOALNYA AJA GAK TAHU, APALAGI JAWABANNYA?

Akhirnya, demi kelangsungan hidup yang sejahtera di masa depan nanti(????), aku nanya Hestu. "Hes, ini disuruh apa?"

"Nulis aksara jawa," jawab Hestu cuek. Dia sibuk nulis aksara jawa lancaaaaaarrr banget.

Aku panik. Aksara jawa? Ya Allah! Ini mau minta bantuan ke siapa?

Oh iya, sebelum ulangan, waktu aku masih ngapalin isi hand-out yang isinya gak tahu apa, Bimo sempat ngasih saran (yang dodol banget), "Ran, kamu pakai pepak (buku bahasa Jawa) aja. Kita aja yang orang Jawa nyontek dari pepak, apalagi kamu yang dari luar."

Tapi aku (mungkin karena khilaf(?)) gak mau.

Dan sekarang aku nyesel banget.

Pak Deki mulai keliling ruangan, ngeliatin orang-orang yang lagi ulangan. Aku ngelirik-lirik, tiap orang paling enggak udah nulis setengah halaman, dan aku baru nulis nama sama kelas. Udah deh, mulai keringet dingin.

Akhirnya aku minta bantuan Hestu. "Hes... tolong..."

Hestu, mungkin karena kasihan, ngasih sebuah buku kecil dari bawah lacinya. "Nih. Pake aja. Dijamin lancar."

Ternyata buku ajaib nan sakti itu adalah pepak.

Njir, Hestu lancar karena pakai pepak!!! Kok gak ngomong, sih????!

Aku, dengan semangat empat-lima, ngerampas buku itu dari tangannya. "Yes!"

"Buka halaman terakhir." Itu dia pesan terakhir Hestu sebelum dia lanjut ngerjain ulangannya.

Akhirnya aku buka halaman terakhir, terus aku ngeliat huruf-huruf aneh. Semua huruf terlihat sama dan melingker-lingker tanpa spasi. Mana tulisannya kecil-kecil dan tintanya ketebelan (gak jelas). Ini bacanya gimana?

Sambil mengumpulkan konsentrasi, aku berusaha nyari petunjuk bacanya.

TAPI PETUNJUK BACANYA PAKAI BAHASA JAWA JUGA.

...
....
.....
..... *krik krik*

Sampai sini, aku udah mau nangis. Kertas ulanganku masih kosong padahal ulangan udah berlangsung empat puluh menit.

Akhirnya aku balik-balik ke belakang, ke mejanya Akbar dan Taufik. "Psst... bantuin..."

Setelah itu, akhirnya aku nyalin lirik Pangkur dari LJK Taufik. Waktu itu aku belum tahu apa itu Pangkur dan gimana isi yang sesungguhnya, tapi aku nulis aja apa yang terbaca. Bodo deh kalau salah, yang penting LJK-ku ada isinya walaupun cuma sebaris.

Pas menit-menit terakhir, akhirnya Akbar kasihan ngeliat aku. Dia menawarkan diri untuk nulisin aku aksara jawa! YEAH!

Ya udah, LJK-ku kukasih ke dia.

Tapi ternyata, waktunya udah habis -______-

Aku tambah panik. Akbar, yang lagi nulis aksara jawa di LJK-ku, ikutan panik. Aku teriak, "Bar! Cepetan, Bar! Udah mau dikumpul dan aku doang yang belum ngumpulin!"

"Tunggu! Ini belum selesai!"

Pak Deki tiba-tiba muncul...

LJK-ku, yang masih ditulisin sama Akbar, langsung kutarik dan kukasih ke Pak Deki (supaya gak ketahuan kalau jawabanku dikerjain sama orang lain).

Dan habis itu, aku bener-bener mau nangis. Untungnya enggak.

Hasilnya? Jangan ditanya.

Udah pasti remedial.

Comments

Popular posts from this blog

Contact Me

About Me: The New Version

#1 Proses Novel "Inikah Rasanya Cinta"